4 Januari 2018

Jeruk Kunci (Limau Kunci)

Jeruk Kunci (Limau Kunci)
Jeruk Kunci (Limau Kunci)

Jeruk kunci atau yang lazim disebut oleh penduduk setempat dengan jerok kunci atau juga limau kunci adalah salah satu jenis buah jeruk yang banyak tumbuh dan mudah ditemui di Pulau Belitung. Buah ini sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan tambahan masakan, seperti untuk menambahkan rasa asam pada masakan dan juga sebagai penguat rasa dan aroma pada sambal.

Penampilan fisik jeruk kunci mirip dengan jeruk nipis, hanya saja ukurannya lebih kecil sedikit dari jeruk nipis. Ukuran jeruk kunci kira-kira seukuran jeruk sambal atau jeruk limau atau jeruk limo. Sementara daging buahnya berwarna kuning oranye seperti jeruk buah atau jeruk manis.

perbandingan antara jeruk limau (limo) dengan jeruk kunci
perbandingan antara jeruk limau (limo) dengan jeruk kunci
bagian dalam jeruk kunci
bagian dalam jeruk kunci (sumber: dlaiqa.com)

Jika anda berkunjung ke Pulau Belitung dan memperhatikan di sekitar halaman rumah warga setempat, anda dengan mudah menjumpai pohon jeruk kunci tumbuh dengan subur menghiasi halaman rumah tersebut.

pohon jeruk kunci
pohon jeruk kunci

Selain dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, jeruk kunci juga dimanfaatkan sebagai minuman, yaitu es jeruk kunci dan jeruk kunci hangat. Kedua jenis minuman tersebut dapat dengan mudah ditemukan pada daftar menu minuman di rumah makan setempat atau di kedai makan tepi jalan sekalipun. Di kedai atau warung bakso setempat lazim jeruk kunci disediakan sebagai pelengkap atau penambah aroma untuk diperaskan airnya pada kuah bakso tersebut. Hmm, pasti akan menambah sedapnya rasa bakso tersebut.

es jeruk kunci
es jeruk kunci (sumber: dlaiqa.com)
jeruk hangat
jeruk hangat (sumber: dlaiqa.com)

Nah, jadi kalau anda berkunjung ke Pulau Belitung, saran Mas Belitung jangan lupa untuk menikmati segarnya es jeruk kunci setelah berkeliling menikmati keindahan Pulau Belitung atau juga menikmati jeruk kunci hangat di malam hari atau di saat musim hujan.

Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli buah jeruk kunci di sini:

buah jeruk kunci
shopee

tokopedia

lazada

blibli


Ingin menjadikan jeruk kunci sebagai oleh-oleh dari Pulau Belitung? Bisa kok. Anda cukup pergi ke pasar tradisional setempat untuk mendapatkan buah jeruk kunci yang masih segar. Atau bisa juga membelinya di toko oleh-oleh setempat yang sudah dikemas lebih praktis di dalam botol dan berbentuk sirup.

sirup jeruk kunci kemasan
sirup jeruk kunci kemasan (sumber: dlaiqa.com)


Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli sirup jeruk kunci di sini:

sirup jeruk kunci
shopee

tokopedia

lazada

blibli


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar