1 Februari 2019

Cara Pesan Penginapan Melalui Agoda

Agoda
Agoda

Agoda adalah salah satu situs agen penyedia jasa akomodasi atau penginapan yang bisa diandalkan dan cukup terkenal di dunia. Di Belitung khususnya sudah banyak hotel maupun hostel yang terdaftar di situs Agoda. Melalui Agoda kita dimudahkan dalam pemilihan akomodasi atau tempat kita akan menginap di daerah tujuan wisata tersebut.

Selain banyak pilihan hotel dan hostel, kita juga bisa mengetahui fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh hotel dan hostel tersebut, begitu pula harganya. Fasilitas seperti proses pembayaran di properti, tidak perlu kartu kredit dan kemudahan pembatalan pesanan adalah beberapa contoh fasilitas yang sangat memudahkan dan disukai oleh konsumen.

Berikut cara melakukan pemesanan akomodasi di Agoda melalui halaman blog Mas Belitung.
  • Pada halaman blog Mas Belitung telah tersedia kotak pencarian (search box) yang terhubung langsung dengan halaman situs Agoda. Letaknya di bilah sisi sebelah kiri (lihat tanda panah).

    letak kotak pencarian Agoda
    letak kotak pencarian Agoda

  • Secara default kotak pencarian tersebut sudah Mas Belitung atur untuk lokasi penginapan di daerah Belitung (lihat panah A) dan untuk pemesanan 1 kamar dengan 1 orang (lihat panah C). Apabila kondisi default tersebut telah sesuai dengan rencana anda, maka anda hanya perlu menentukan tanggal masuk (check-in) dan tanggal keluar (check-out) (lihat panah B). Setelah itu klik 'Cari' (lihat panah D).

    mengisi data di kotak pencarian
    mengisi data di kotak pencarian

  • Kemudian akan muncul daftar penginapan yang tersedia, lalu pilih (klik) salah satu yang sesuai dengan pilihan anda. Pada contoh dipilih Belitung Homestay Backpacker (lihat tanda panah). Harga yang tertera adalah harga sebelum ditambah pajak dan biaya layanan.
    Saran Mas Belitung, pilihlah yang fasilitasnya sesuai dengan kemauan anda, nilai dan review dari pengalaman pengunjung secara umum bernilai baik dan tentunya harga yang bersahabat dengan kantong anda.

    memilih tempat penginapan
    memilih tempat penginapan

  • Selanjutnya akan muncul rincian dari penginapan yang telah dipilih. Anda bisa merubah jumlah kamar yang akan dipesan sesuai dengan kebutuhan anda.
    Secara umum ada beberapa metode pembayaran, yaitu bayar sekarang, bayar belakangan dan bayar di properti. Masing-masing opsi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak semua penginapan menerapkan seluruh opsi metode pembayaran.
    Pada contoh kali ini dipilih metode pembayaran 'bayar di properti'.
    Setelah itu klik 'Pesan sekarang' (lihat tanda panah).

    klik Pesan sekarang
    klik Pesan sekarang

  • Kemudian akan muncul halaman formulir pemesanan yang intinya harus diisi sesuai dengan data pemesan. Sebelum mengisi formulir tersebut, periksa kembali rinciannya seperti tanggal check-in, tanggal check-out, jumlah kamar dan harga.
    Harga yang tertera pada halaman ini adalah harga total yang harus dibayar, terdiri dari harga dasar, pajak dan biaya layanan (lihat tanda panah).

    harga yang harus dibayar
    harga yang harus dibayar

  • Kemudian isilah formulir pemesanan tersebut dengan data diri anda. Data yang harus diisi adalah Nama Depan (A), Nama Belakang (B), E-mail (C), Nomor HP (D) dan Negara Tempat Tinggal (E). Apabila anda melakukan pemesanan ini untuk orang lain, beri contreng pada opsi Saya memesan kamar ini untuk orang lain (F).
    Saran Mas Belitung, isilah formulir tersebut dengan benar dan sesuai dengan nama yang tertera pada identitas diri (KTP, SIM atau paspor).

    isi formulir pemesanan
    isi formulir pemesanan
    rincian lainnya
    rincian lainnya

  • Kemudian tentukan kapan anda akan tiba (pukul/jam berapa) di penginapan tersebut (lihat tanda panah atas). Lalu jika semua data telah diisi dengan benar, klik 'PESAN SEKARANG' (lihat tanda panah bawah).

    klik PESAN SEKARANG
    klik PESAN SEKARANG

Beberapa saat kemudian anda akan menerima email konfirmasi dari pesanan yang telah dilakukan. Simpan baik-baik isi dari email tersebut dan tunjukkan ke resepsionis ketika anda tiba (check-in) di penginapan tersebut.

Ada baiknya setelah melakukan pemesanan dan sebelum tiba di penginapan untuk check-in, anda menghubungi pihak penginapan (nomor kontak penginapan tertera pada email konfirmasi pemesanan) untuk memastikan apakah pesanan anda sudah terdaftar pada sistem di internal mereka (pemilik penginapan).

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar