23 Januari 2019

Tarif Bagasi Terdaftar Lion Air (Per 22 Januari 2019)

Lion Air
Lion Air

Per tanggal 22 Januari 2019 maskapai penerbangan Lion Air dan juga Wings Air meniadakan fasilitas gratis bagasi terdaftar pada setiap penerbangannya. Sebagai informasi, sebelumnya Lion Air memberikan fasilitas gratis bagasi terdaftar seberat 20 kilogram, sementara Wings Air seberat 10 kilogram.

Dengan kebijakan tersebut penumpang hanya mendapat fasilitas bagasi kabin seberat maksimal 7 kilogram dengan dimensi maksimal 40 x 30 x 20 cm. Apabila barang bawaan lebih dari berat maksimal tersebut dan atau barang bawaan memang harus masuk ke dalam bagasi terdaftar, maka akan dikenakan biaya tambahan.

Berapa tarif atau harga bagasinya? Berdasarkan informasi besar tarif bagasi terdaftar berbeda-beda tergantung dengan rute pesawat, semakin jauh jarak tempuh maka tarifnya akan semakin mahal pula.

Berikut Mas Belitung akan mencoba studi kasus tarif bagasi terdaftar untuk jurusan Belitung (TJQ) - Jakarta (CGK) pada halaman resmi situs www.lionair.co.id

Apabila kita pesan (booking) tiket melalui halaman situs resmi Lion Air, setelah memilih rute penerbangan dan mengisi identitas calon penumpang, akan tampil halaman tentang penambahan bagasi tambahan dan pemilihan nomor kursi.

jatah bagasi terdaftar 0 kilogram
jatah bagasi terdaftar 0 kilogram

Secara default nilainya adalah kosong atau 0 kilogram (lihat gambar di atas). Jika ingin menambah bagasi, maka pilih salah satu pilihan pada 'Bagasi Tambahan', di situ terdapat pilihan berat bagasi beserta harganya, mulai dari 5, 10, 15, 20, 25 dan 30 kilogram.

tarif bagasi terdaftar
tarif bagasi terdaftar

Dari situ dapat diketahui bahwa harga bagasi adalah Rp.55.000,- per 5 kilogram atau dalam artian senilai Rp.11.000,- per kilogramnya.

Misal pada contoh, harga tiket ditambah pajak adalah senilai Rp.596.000,- dan dalam perjalanan tersebut kita akan membeli bagasi seberat 20 kilogram atau senilai Rp.220.000,-, maka total biaya yang harus kita bayar adalah Rp.816.000,- (lihat gambar di bawah).

total baya setelah penambahan bagasi
total biaya setelah penambahan bagasi

Dari studi kasus tersebut dapat diketahui bahwa tarif bagasi terdaftar pada maskapai penerbangan Lion Air untuk rute Belitung (TJQ) - Jakarta (CGK) adalah senilai Rp.55.000,- per 5 kilogram.

Pihak manajemen Lion Air juga menyarankan untuk melakukan pembelian bagasi terlebih dahulu atau paling lambat 6 jam sebelum keberangkatan karena apabila melakukan pembelian bagasi di bandara tarifnya akan lebih mahal.

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar