12 Februari 2018

Pelile'an (Tarsius)

Pelile'an (Tarsius bancanus saltator)
Pelile'an (Tarsius bancanus saltator)

Pelile'an, begitulah penduduk Pulau Belitung menamakan hewan langka lagi imut yang satu ini. Dikatakan imut karena hewan ini memiliki tubuh yang hanya seukuran kepalan tangan orang dewasa. Ciri unik lainnya adalah matanya yang belo atau besar, jemari tangan dan kaki yang panjang, serta ekor yang panjang juga. Nama keren dari pelile'an adalah Tarsius bancanus saltator.

Di Indonesia hewan nokturnal (aktif pada malam hari) yang termasuk ke dalam Ordo Primata ini tersebar di beberapa pulau, namun mayoritas berada di Pulau Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Bangka dan Belitung, dengan ciri khas masing-masing jenis di setiap pulau tersebut. Menurut informasi, di dunia hewan ini hanya terdapat di 4 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam dan Filipina.

Makanan utama hewan yang berwarna kecokelatan ini adalah serangga seperti semut dan jangkrik. Pelile'an menghabiskan waktunya sehari-hari dengan berada di atas pepohonan. Pergerakannya di antara pepohonan pun termasuk sangat lincah dan senyap. Hal unik lainnya adalah ia bisa memutar lehernya sampai sekitar 270 derajat atau dalam artian bisa menengok ke belakang tanpa membalikkan badannya.

pelile'an
pelile'an

Nah, jika anda berkunjung ke Pulau Belitung, jangan lupa untuk melihat secara langsung betapa imut dan uniknya hewan langka yang satu ini. Pelile'an bisa anda jumpai di Taman Wisata Alam Batu Mentas yang terletak di Dusun Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung. Sekitar 25 kilometer atau 30 menit perjalanan dari Kota Tanjung Pandan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar